Kamis, 28 November 2013

Erupsi Sinabung Jadi Surga Photografer

Mereka yang sekarang ada di negeri kelahiran saya, Sumatera Utara, terutama yang senang dengan Photography mungkin ini saat yang tepat untuk berburu picture of the year dan bisa jadi akan menjadi sarana untuk dikenal dunia. Beberapa diantara mereka yang ada di sekitar Gunung Sinabung, baik yang amatir maupun profesional bahkan bisa jadi akan mendapat perhatian dari panitia Pulitzer di Amerika. Sayangnya, penghargaan ini hanya bagi mereka insan pers media cetak terbitan Amerika saja.

Berikut adalah beberapa Photo yang mengagumkan dari para pemburu photo asal Indonesia dan dirilis di media Online seperti Associated Press (AP), Reuters dan lain lain...

1.Muntahan abu vulkanik  Gunung Sinabung hingga 8000 M. pada 18 November 2013,  mengubah langit seketika seolah mendung diatas desa Sibintun (Karo). diposkan oleh theatlantic.com (Reuters/Roni Bintang)


===========
2. Pohon dan vegetasi ditutupi dengan abu vulkanik di distrik Karo pulau Sumatera Indonesia, pada tanggal 5 Nov' 2013, setelah letusan Gunung Sinabung.  theatlantic.com (Kharisma Tarigan/AFP/Getty Images)


==========
3. Seekor anak kucing  dengan kontras duduk di atas atap rumah yang ditutupi abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung di Mardinding, Sumatera Utara, pada tanggal 6 November 2013. (AP Photo / Binsar Bakkara)
========
4.Pelajar Sekolah Dasar berjalan melalui ladang yang tertutup oleh abu dari Sinabung, saat mereka kembali ke rumah di Desa Kuta Rakyat di Kabupaten Karo, pada tanggal 8 November 2013. (Reuters / Roni Bintang)



============
5. Bunga yang merekah diantara debu yang menutupi semua dedaunan, 6 Nov' 2013 lokasi Desa Mardingding /Karo/Sumut oleh theatlantic.com (AP Photo/Binsar Bakkara)


===============
6. Seekor anak anjing yang terabaikan kontras dengan pemandangan desa yang sepi ditinggal penghuninya yang mengungsi ke kota terdekat, 15 Nov' 2013. Diposkan oleh theatlantic.com ( photo: Ulet Ifansasti/Getty Images)

==========


7. Sinabung mengamuk dengan muntahan abu dan gas vulkanik seperti yang terlihat dari desa Tigapancur di Kabupaten Karo, pada 14 Nov' 2013 (Ulet Ifansasti/Getty Images)


==============




8. Kilat menyambar nyambar dipuncak gunung Sinabung dengan  panorama malam yang sedang menjelang, Suhu panas dan dingin sedang bertempur diatas sana menghadirkan energi yang menakjubkan (photo diabadikan oleh : Reuters/YT Haryono)
==========

9. Seorang Ibu menggendong anak lelakinya dengan masker ditengah jalan (ingin menyeberang ) kota Brastagi, Ibukota Karo, Diposkan oleh nationalpost.com ( Photo oleh: Ulet Ifansasti/Getty Images)
=========

10. Seorang ibu di Sigarang Garang, Karo masih mencoba mengolah tanah ladang tomatnya yang sudah fuso oleh abu vulkanik. Sepertinya ia tidak ingin dikalahkan oleh muntahjan sang Gunung. 25 Nov' 2013 Diposkan oleh nationalpost.com ( Ulet Ifansasti/Getty Images)

=============

11. Dari desa Tigapancur, Ulet Ifansasti/Getti Image mengabadikan semburan awan hitam ke udara seolah bom atom sedang menghantam permukaan gunung. Photografer berhasil menangkap dengan brillian dan membuat penikmat gambar seperti sedang berada dilokasi kejadian. Diposkan oleh nationalpost.com

=========

Demikian photo penuh cerita dan bercerita sendiri,  hasil jepretan teman teman juru foto anak negeri  yang dipakai media internasional, dari sekitar Gunung Sinabung yang sedang aktif setelah terakhir mulai membuat kejutan pada 2010 lalu. Sebelumnya gunung ini terkenal pemalu dan tidak pernah menunjukkan aktifitas akan aktif seperti sekarang, hingga masyarakat sekitar mendengar dentuman keras sebelum hujan debu dan kerikil menerpa atap rumah mereka.

Gunung Sinabung memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki gunung lain didunia karena ia tidak  memberi tanda  seperti gempa tremor ataupun gempa vulkanik untuk dideteksi para pengawas aktifitas gunung. Kapan dia akan erupsi atau mengeluarkan isinya, bahkan Gunung itu sendiri tidak tahu kacuali hanya Penciptanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More