Jumat, 19 April 2013

AI12 Tetap Menjaga Kualitas, tapi Juaranya sudah Pasti.

Saat ini sedang berlangsung programa televisi kesukaan saya, acara yang mampu melampaui acara terfavorit sepanjang sejarah pertelevisian Amerika, Oprah Winfrey Show. American Idol Season 12 dengan top five-nya. Satu hal yang paling bisa ditebak dari acara yang tidak pernah membosankan ini adalah bahwa pemenangnya akan menjadi pemenang pertama sejak enam tahun terakhir, Wanita.

Sejak lama, publik Amerika tidak memilih peserta perempuan sebagai Idola mereka melalui ajang pencarian bakat ini.

Sebenarnya, top six, acara ini boleh dikata sudah menjadi tanda kemenangan perempuan, selain karena promosi dengan menekankan pada kerinduan pihak televisi yang memilliki hak siar yang seolah menekankan bahwa mereka sudah enam tahun tidak memahkotai perempuan., hal lainnya adalah bahwa peserta perempuan sendiri sejak top ten sudah sangat dominan dari komentar para juri Idol.

Hal lain, sejak top six, pria tersisa Lazaro Arbos, yang terkenal dengan 'gagu'-nya, tapi lancar ketika menyanyi, juga terkesan tidak seperti pria yang maskulin. Penulis melihat cara berjalannya sangat lembut seperti wanita, hahaha... (maaf!).

Ketampanan Lazaro juga sangat langka, seperti pahatan sempurna dari pencipta-nya, atau saya harus katakan bahwa Lazaro seperti dewa-dewa Yunani yang terkenal itu?. Jika saja dia lebih maskulin, maka setiap wanita akan mudah bertekuk lutut padanya. Sayang sekali...

American Idol adalah ajang yang bertanggung jawab karena mereka benar benar melahirkan seorang Idol sejati yang berprestasi setelah menjadi juara. Setiap jebolan Idol cenderung memiliki hits atau single yang mampu bertengger di jajaran papan atas beberapa chartz musik lokal Amerika.

Sebutlah, Kelly Clarkson, Carry Underwood,  David Cook, David Archuleta (runner up), Clay Aiken (runner up), dan lainnya yang jika dituliskan disini akan membuat jari saya lelah... hehe...

Selain  berjaya di ajang Grammy Award, seorang pemenang Idol bahkan ada yang memenangi Oscar. (saya ingin tuliskan namanya, tapi ketika menulis ini saya kog jadi lupa ya? hikzzz :(

Yang ingin saya sampaikan pada tulisan ini adalah, American Idol sangat bertanggung jawab pada karir dan nama besar seorang Idol yang mereka hasilkan (Baik juara, runner up bahkan mulai dari top five mereka).

Mereka membantu Idol mereka untuk mendapatkan produser sampai ciri khas musik mereka kelak. Meskipun setelah setahun kontrak sudah selesai, mereka tetap membantu mempopulerkan alumni mereka. Intinya, jebolan American Idol tidak ada yang mengecewakan. Tetap survive di industri musik Amerika bahkan Internasional.

Bandingkan dengan ajang serupa yang diadopsi di Indonesia, semua alumni setelah masa kontrak satu tahun dengan televisi yang bersangkutan, si Alumni dibiarkan tenggelam. Mungkin ada yang bisa menemukan para jebolan idol2an lokal?

Sebutlah  penyanyi dari Indonesia Mencari Bakat, ada yang pernah dengar album atau singlenya? Atau selain Judika, Citra dan bahkan Delon (Indonesian Idol), adakah anda melihat mereka berkembang dan bertahan sampai saat ini di industri musik nasional? Paling hanya sesekali muncul bukan?

Ajang pencarian bakat di Indonesia sepertinya hanya untuk mencari bakat untuk tidak berkembang dikemudian hari. Hanya untuk mengejar rating dan iklan bagi pihak televisi terkait. Pihak televisi dan pemilik hak penyelenggara acara yang berlisensi dari luar sana hanya mencari keuntungan sesaat, tidak memiliki tanggung jawab atau mendukung karir sang Idola pemenang diajang masing-masing hingga benar benar bersinar dan menjadi Idola papan atas di Indonesia.

Jika di American Idol selalu berhasil menempatkan Idol mereka sebagai artis penyanyi papan atas di negaranya sana, maka di Indonesia hanya untuk mencari keuntungan sesaat bagi broadcater penyelenggara, dan itu hanya menguntungkan satu pihak, lalu dimana posisi bakat yang mereka hasilkan? Sulit ditemukan...Tetap!

Bagaimanapun, American Idol tetap lebih layak ditonton dibandingkan dengan berbagai macam Idol2an di Indonesia saat ini. Apalagi kemasannya, tata panggungnya dan terutama Panel Juri yang  sekarang digawangi Mariah Carey, Randy Jakson, Nicki Minaj dan suami Nicole Kidman, Keith Urban.  Senang bertemu mererka via televisi ...

Siapa Juaranya? entahlah... tapi pasti seorang WANITA atau PEREMPUAN :P

Salam Idola,

;
;
=SachsTM=


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More