Senin, 01 April 2013

Orion / Arion ( dewa-dewa bawahan )





Homerus menceritakan, bahwa Orion adalah anak Poseidon ( Neptunus ) dan Euryale, anak raja Minos. Cerita lain menamakannya anak seorang Boetia yang bernama Hyrieus dari Hyria.

Orion menjadi terkenal kerena kegemarannya pada ilmu bintang, yang dipelajarinya pada Atlas. Ia juga sangat gemar berburu. Ia sangat cakap, dan begitu tinggi sehingga ia masih keluar dengan kepalanya apabila berjalan di laut.

Ada cerita yang menyebutkan, bahwa orion menyeberangi laut dengan kepalanya keluar diatas permukaan air, Diana, yang ingin memamerkan kepandaiannya memanah kepada Apollo, dengan tidak sengaja memanah kepala Orion itu. Orion mati kena panah Diana itu. Karena ia terbunuh tanpa dosa, ia dijadikan dewa yang berkilau-kilauan di langit.

Orion juga mahir sekali dalam semua kepandaian Vulcanus. Ia membangun istana di bawah tanah untuk Neptunus, Aurora yang jatuh cinta padanya, akibat dinyalakan api cinta dalam kalbunya oleh Venus, menculiknya dan membawanya ke pulau Delos.

Menurut Homerus ia mati disana akibat kecemburuan, menurut pujangga lain, karena balas dendam dari pihak Diana/Artemis. Ia hendak memaksa dewi itu berlomba cakra bersama dia , dan dengan tangan kotornya ia telah membuka kerudung dewi. Diana mengeluarkan kalajengking dari dalam tanah, yang menggigit Orion sampai ia mati. Tetapi Diana lalu menyesal dan memohon kepada Jupiter supaya Orion ditempatkan di langit.

Di angkasa ia tetap melakukan seni berburu, sedangkan pada malam cerah ia terlihat mengembara bersama Diana dan anjing burunya di daerah tinggi itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More